UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD NEGERI 1 KALITINGGAR KIDUL

ARIFUDIN, RAHMAT (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD NEGERI 1 KALITINGGAR KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rahmat Arifudin_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahmat Arifudin_BAB I.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahmat Arifudin_BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
Rahmat Arifudin_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
Rahmat Arifudin_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Rahmat Arifudin_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Rahmat Arifudin_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
Rahmat Arifudin_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh beberapa hal, diantaranya rendahnya sikap peduli lingkungan siswa dan rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA materi perubahan lingkungan dengan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalitinggar Kidul yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi, angket, wawancara dan dokumentasi). Data sikap peduli lingkungan siswa diperoleh menggunakan angket sikap peduli lingkungan siswa dan untuk mengetahui data prestasi belajar siswa, digunakan evaluasi yang diberikan pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, sikap peduli lingkungan siswa pada siklus I mencapai 55,87% dan siklus II 61,62%, sedangkan hasil evaluasi siswa diperoleh data pada siklus I terdapat 9 siswa yang nilainya belum memenuhi kriteria dengan persentase ketuntasan 55%, pada siklus II terdapat 2 siswa yang nilainya tidak memenuhi kriteria dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas IV SD Negeri 1 Kalitinggar Kidul.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Peduli Lingkungan, Prestasi Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:29
Last Modified: 25 Jul 2017 02:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2915

Actions (login required)

View Item View Item