PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD NEGERI 3 ARCAWINANGUN

PRATIWI, DIAN (2013) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD NEGERI 3 ARCAWINANGUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN PRATIWI COVER.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN PRATIWI BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN PRATIWI BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
DIAN PRATIWI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
DIAN PRATIWI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
DIAN PRATIWI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
DIAN PRATIWI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
DIAN PRATIWI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap kemandirian dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang ditandai dengan hasil observasi pada saat pembelajaran, dimana sikap siswa pada saat pembelajaran dikelas masih banyak yang mengerjakan soal tidak bekerja sendiri, siswa juga masih ketergantungan dengan guru dan nilai UAS siswa tahun 2011/2012 yang masih rendah dibawah KKM 70. Jadi penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar Matematika pada materi bangun datar melalui pendekatan Matematika realistik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Arcawinangun dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanankan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, 1 kali pertemuan terdiri dari 3 jam pelajaran. Untuk 3 jam pelajaran (3 x 35 menit) digunakan untuk menyampaikan materi, pengerjaan LKS dan tes individual atau evaluasi siswa. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi baik lembar observasi aktivitas guru maupun lembar observasi aktivitas siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi siswa yang diberikan setiap akhir pertemuan. Untuk memperoleh hasil data sikap kemandirian siswa diperoleh dari lembar angket kemandirian yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian kemandirian siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 65,49 dengan ketuntasan sikap kemandirian 65,49% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,11 dengan ketuntasan sikap kemandirian 85,11%. Pada hasil penelitian prestasi siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 68,35% dan pada siklus II mencapai ketuntasan 85,14% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan realistik dapat meningkatkan sikap kemandirian siswa dan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Arcawinangun Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas pokok bahasan Bnagun Datar mencari Segitiga dan Jajargenjang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony irianto, M.Pd. dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: sikap kemandirian, prestasi belajar Matematika, Matematika Sekolah Dasar, Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 24 Jul 2017 06:28
Last Modified: 24 Jul 2017 06:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item