UPAYA MENINGKATKAN SIKAP BERSAHABAT DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PUZZLE DENAH DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI LEDUG

ASTUTI, WENI (2013) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP BERSAHABAT DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PUZZLE DENAH DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI LEDUG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WENI ASTUTI COVER.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENI ASTUTI BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENI ASTUTI BAB II.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
WENI ASTUTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
WENI ASTUTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
WENI ASTUTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
WENI ASTUTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
WENI ASTUTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kondisi awal menyebutkan bahwa masih rendahnya sikap bersahabat dan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Ledug. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan sikap bersahabat dan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Ledug. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Ledug berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan sikap bersahabat siswa ditunjuk dengan peningkatan aspek sikap bersahabat dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,89 dengan kriteria baik/sering. Pada siklus II diperoleh rata-rata 4,23 dengan kriteria sangat baik/selalu. Adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 33,3%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 66,6%. Serta adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara berkelompok ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar secara berkelompok pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 50%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 87,5% Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap bersahabat dan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas IVA SD Negeri Ledug tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: sikap bersahabat, kemampuan menulis karangan deskripsi, model pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 22 Jul 2017 07:24
Last Modified: 22 Jul 2017 07:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item