PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VI SD NEGERI 2 MERSI

SUSANTI, UKA TRI (2013) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VI SD NEGERI 2 MERSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UKA TRI SUSANTI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
UKA TRI SUSANTI BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UKA TRI SUSANTI BAB II.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
UKA TRI SUSANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
UKA TRI SUSANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
UKA TRI SUSANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
UKA TRI SUSANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
UKA TRI SUSANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Mersi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika pada materi pengolahan data melalui pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 35 siswa dari 23 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 3 x 35 menit, untuk memperoleh data tanggung jawab siswa dan prestasi belajar matematika dalam penelitian ini menggunakan lembar angket tanggung jawab belajar matematika siswa dan tes evaluasi yang diberikan setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata 55,80 ketuntasan klasikal 69,75% dengan kriteria tanggung jawab baik, siklus II meningkat rata-rata 68,32 ketuntasan klasikal 85,44% dengan kriteria tanggung jawab sangat baik, pada siklus I nilai rata-rata tes evaluasi 68,34 dengan ketuntasan belajar 60%, siklus II meningkat menjadi rata-rata 79,37 dengan ketuntasan 88,57%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika materi pengolahan data siswa kelas VI SD Negeri 2 Mersi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, prestasi belajar, matematika, model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 22 Jul 2017 04:11
Last Modified: 22 Jul 2017 04:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item View Item