UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KOMPETENSI DASAR HUKUM BACAAN MAD DAN WAQAF MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DI SMP N 1 SUMBANG KELAS VIII B SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KHUSNIYATUN, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KOMPETENSI DASAR HUKUM BACAAN MAD DAN WAQAF MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DI SMP N 1 SUMBANG KELAS VIII B SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
KHUSNIYATUN COVER.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KHUSNIYATUN BAB I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KHUSNIYATUN BAB II.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
KHUSNIYATUN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
KHUSNIYATUN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
KHUSNIYATUN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
KHUSNIYATUN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
KHUSNIYATUN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan hukum bacaan Mad dan Waqaf dengan menggunakan metode Quantum Teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas 8B SMP N 1 Sumbang dengan jumlah siswa 32, yang terdiri dari 16 orang putra dan 16 orang putri. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, interview, dan angket. Sedangkan metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kompetensi Dasar Hukum Bacaan Mad dan Wakaf. Hal tersebut dibuktikan dari peningkatan persentase siswa aktif dalam pembelajaran. Hasil Pre-Tes menunjukan 10 siswa (33.98%) aktif dalam pembelajaran. Hasil tersebut meningkat pada Siklus 1 menjadi 14 siswa (46.29%) siswa aktif dalam pembelajaran. Sedangkan di Siklus 2, meningkat menjadi 20 siswa (64.04%) telah mengikuti pembelajaran dengan aktif. Disamping itu, hasil angket menunjukan dari 32 siswa sebanyak 30 siswa (94.19%) menyatakan “setuju” terhadap penggunaan metode Quantum Teaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Zakiyah, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, dan Quantum Teaching
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 22 Jul 2017 02:20
Last Modified: 22 Jul 2017 02:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item