PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD N 1 PETIR

RAHAYUNI, DWI RATNA (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD N 1 PETIR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dwi Ratna Rahayuni COVER.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dwi Ratna Rahayuni BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dwi Ratna Rahayuni BAB II.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
Dwi Ratna Rahayuni BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
Dwi Ratna Rahayuni BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dwi Ratna Rahayuni BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
Dwi Ratna Rahayuni DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
Dwi Ratna Rahayuni LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh beberapa hal, diantaranya yaitu rendahnya kreativitas peserta didik dalam belajar, kurangnya penggunaan metode atau alat peraga, dan rendahnya prestasi belajar IPA.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA materi sifat dan wujud benda dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Petir, dengan jumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan.Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari lembar observasi guru, lembar observasi keaktifan siswa dan tes. Berdasarkan hasil tes individu pada mata pelajaran IPA, prestasi belajar peserta didik pada siklus ke- 1 diperoleh nilai rata- rata 73,08 dengan ketuntasan belajar 71,87% dan pada siklus ke- 2 nilai rata-rata naik menjadi 82,67 dengan ketuntasan belajar 87,5%. Sedangkan hasil tes kreativitas peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar pada siklus ke- 1 yaitu 13,70 dannilai rata-rata naik menjadi17,97 pada siklus ke- 2. Dari hasil tes kreativitas tersebut terjadi peningkatan kreativitas peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA materi sifat dan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Petir pada semester 1 Tahun Ajaran 2012/2013 Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Enuh Zainuddin,M.A
Uncontrolled Keywords: prestasibelajar, metode eksperimen, kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 22 Jul 2017 02:09
Last Modified: 22 Jul 2017 02:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item