UPAYA PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUMDI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANSARI TAHUN 2013/2014

FITRI,, YULIANT (2014) UPAYA PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUMDI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANSARI TAHUN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri Tamansari ini dilakukan untuk meningkatkan rasa kerja keras dan prestasi belajar matematika materi pecahan melalui strategi pembelajaran quantum. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa, penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini pengumpulan datanya diambil dari lembar kerja siswa, lembar angket rasa kerja keras, lembar evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa serta lembar wawancara siswa. Berdasarkan dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri Tamansari diperoleh hasil bahwa penerapan strategi pembelajaran quantum ini dapat meningkatkan rasa kerja keras. Hal tersebut dapat dibuktikan dari perolehan pada penelitian tindakan pada siklus I yang memperoleh skor rata-rata 32,7 dengan persentase ketuntasan 50% (kreteria cukup) dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 41,2 dengan persentase ketuntasan 91,67% (kreterian sangan baik). Penelitian ini juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan yang ditunjukan pada hasil penelitian siklus I yang memperoleh hasil skor rata-rata 64,17 dengan persentase ketuntasan 41,67% (kreteria kurang) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,67 dengan persentase ketuntasan 91,67% (kreteria sangat baik). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri Tamansari melalui strategi quantum dapat meningkatkan rasa kerja keras dan prestasi belajar matematika materi pecahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs Karma Iswsata Eka M.Si
Uncontrolled Keywords: Rasa Kerja Keras, Prestasi Belajar Siswa, Matematika, Strategi Quantum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2017 07:26
Last Modified: 21 Jul 2017 07:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item