STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER(STUDI KASUS KELAS III DI SD NEGERI 1 PURWOKERTO WETAN)

PUSPITA,, VINDA PRABA (2014) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER(STUDI KASUS KELAS III DI SD NEGERI 1 PURWOKERTO WETAN). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

Guru di dalam kelas dihadapkan oleh berbagai kesulitan atau masalah belajar yang dialami siswanya. Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya gangguan tertentu yang dapat menggangu prestasi belajarnya. Hal ini merupakan masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian dari guru. Kesulitan belajar yang dialami siswa di kelas akan membawa dampak negatif terhadap diri anak itu sendiri maupun lingkungannya. Salah satu jenis gangguan belajar yang sering dialami siswa adalah underachiever atau keadaan prestasi yang diperoleh siswa di bawah tingkat kecerdasan yang dimilikinnya. Siswa unde rachiever memiliki intelegensi rata-rata normal, namun prestasi belajarnya rendah di bawah kemampuan potensial yang mereka miliki. Berkaitan dengan temuan tersebut, peneliti mencoba mengungkapkan kondisi faktual tentang prestasi belajar siswa underachiever di kelas III SD Negeri 1 Purwokerto Wetan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini meliputi siswa underachiever, teman sebaya, orangtua siswa, guru, dan ahli psikologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa menjadi underachiever yaitu faktor diri sendiri dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa underachiever yaitu melakukan kunjungan ke rumah siswa, guru dan orangtua menerima anak apa adanya, dan memberikan perhatian lebih pada siswa underachiever. Dengan upaya penanganan tersebut diharapkan muncul rasa percaya diri anak untuk meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D,. dan Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A,.
Uncontrolled Keywords: Siswa Underachiever, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2017 07:20
Last Modified: 21 Jul 2017 07:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item