PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN NILAI TANGGUNG JAWAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI JIPANG –BANYUMAS

LAELI,, NUR (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN NILAI TANGGUNG JAWAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI JIPANG –BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Nilai Tanggung Jawab Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Jipang – Banyumas, telah dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2013. Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran IPA di SD Negeri Jipang – Banyumas memerlukan inovasi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap prestasi belajar IPA, 2) pengaruh tanggung jawab terhadap prestasi belajar IPA, dan 3)baik atau tidak model Pembelajaran Berbasis Masalah jika diterapkan pada mata pelajaran IPA kelas IV materi “Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya” . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri Jipang, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Perlakuan pembelajaran untuk kelas IVA adalah dengan metode pembelajaran langsung, sedangkan kelas IVB menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen tes dan non tes yang berupa angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anava dua jalur, yang menunjukkan simpulan bahwa : 1) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap prestasi belajar IPA (nilai signifikansi 0,020 < 0,05), 2) Tidak terdapat pengaruh nilai tanggung jawab terhadap prestasi belajar IPA (nilai signifikansi 0,425 > 0,05), dan 3) model Pembelajaran Berbasis Masalah baik diterapkan pada mata pelajaran IPA kelas IV materi “Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya”.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Tanggung Jawa dan Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2017 06:03
Last Modified: 21 Jul 2017 06:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item