PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS V (LIMA) SD NEGERI MENGANTI

MARNI,, . (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS V (LIMA) SD NEGERI MENGANTI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) ke las V SD Negeri Menganti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Simpel R andom Sampling. Teknik pengambilan data aspek kognitif dilakukan dengan menggunakan soal evaluasi, aspek afektif dengan angket, dan aspek psikomotor dengan penilaian unjuk kerja. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah Sumpah Pemuda dan masa pendudukan Jepang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen nonparametrik, karena sampel penelitian < 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji mann-whitney (U Test). Hasil perhitungan hasil belajar aspek kognitif menunjukan Z < - Z α/2 atau – 4,17 < - 0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS aspek kognitif kelas V SD Negeri Menganti. Hasil perhitungan hasil belajar aspek afektif menunjukan Z < - Z α/2 atau – 1,67 < - 0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS aspek afektif kelas V SD Negeri Menganti. Hasil perhitungan hasil belajar aspek psikomotor menunjukan Z < - Z α/2 atau – 2,86 < - 0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS aspek psikomotor kelas V SD Negeri Menganti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Role Playing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2017 00:58
Last Modified: 21 Jul 2017 00:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item