MARNI,, . (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS V (LIMA) SD NEGERI MENGANTI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (742kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (661kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) ke las V SD Negeri Menganti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Simpel R andom Sampling. Teknik pengambilan data aspek kognitif dilakukan dengan menggunakan soal evaluasi, aspek afektif dengan angket, dan aspek psikomotor dengan penilaian unjuk kerja. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah Sumpah Pemuda dan masa pendudukan Jepang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen nonparametrik, karena sampel penelitian < 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji mann-whitney (U Test). Hasil perhitungan hasil belajar aspek kognitif menunjukan Z < - Z α/2 atau – 4,17 < - 0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS aspek kognitif kelas V SD Negeri Menganti. Hasil perhitungan hasil belajar aspek afektif menunjukan Z < - Z α/2 atau – 1,67 < - 0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS aspek afektif kelas V SD Negeri Menganti. Hasil perhitungan hasil belajar aspek psikomotor menunjukan Z < - Z α/2 atau – 2,86 < - 0,01, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS aspek psikomotor kelas V SD Negeri Menganti.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Role Playing |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 00:58 |
Last Modified: | 21 Jul 2017 00:58 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |