RETNOWATI,, DYAH (2014) STUDY TENTANG DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA DI SLB KUNCUP MAS BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (544kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagai mana dukungan keluarga terhadap anak tunagrahita di SLB Kuncup Mas Banyumas . Fokus penelitian pada penelitian ini adalah dukungan keluarga terhadap anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan naturalistik fenomenologis . Data dikumpulka n melalui interview pada informan penelitian, dengan ri ncian 4 keluarg a informan primer dan 4 orang informan seku nder. Kredibilitas data dengan menggunakan trianggulasi teknik yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang di peroleh dari wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif ( Interactive Model of Analysis ). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : 1). Dukungan informasional, seluruh keluarga memberika n dukungan informasional, berupa pemberian nasehat, petunjuk, sara n/usulan dan pemberian informasi. 2 ). Dukungan penilaian : sebagian besar keluarga memberikan dukungan penilaian berupa support, penghargaan dan perhatian, sedangkan kurangnya pemberian dukungan penilaian , dikarenakan oleh faktor pendidikan dan kondisi sos ial . 3). Dukungan instrumental : sebagian besar keluarga memberikan dukungan instrumental pada anak, dengan menjaga kesehatan, menjaga dari kelelahan, makan, minum, dan istirahat , sedangkan kurangnya kesadaran keluarga dalam memberikan terapi diluar sekola h disebabkan oleh faktor pendidikan dan ekonomi. 4). Dukungan emosional : kurangnya dukungan emosional pada anak yang ditunjukan dari kurangnya perhatian, kepercayaan dan juga komunikasi (mendengarkan dan didengarkan) disebabkan oleh faktor pendidikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Nur’aeni, S.Psi, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Keluarga, Anak Tunagrahita |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 02:06 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 02:06 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |