ANALISIS PRAANGGAPAN WACANA IKLAN BUSANA WANITA PADA TABLOID WANITA INDONESIA EDISI APRIL-JUNI 2013

ERI ASTUTI, (2014) ANALISIS PRAANGGAPAN WACANA IKLAN BUSANA WANITA PADA TABLOID WANITA INDONESIA EDISI APRIL-JUNI 2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ERI ASTUTI - COVER.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERI ASTUTI - BAB I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERI ASTUTI - BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
ERI ASTUTI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
ERI ASTUTI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
ERI ASTUTI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
ERI ASTUTI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Other
ERI ASTUTI - LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Praanggapan Wacana Iklan Busana Wanita p ada Tabloid Wanita Indonesia Edisi April-Juni 2013 bertujuan untuk mendeskripsikan praanggapan iklan busana wanita pada tabloid Wanita Indonesia edisi April-Juni 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu wacana busana wanita pada tabloid Wanita Indonesia yang berjumlah 30 iklan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tabloid Wanita Indonesia edisi April- Juni 2013. Tahap penyediaan data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap. Tahap penyediaan data, menggunakan metode simak. Metode simak ini kemudian dilanjutkan dengan teknik lanjutan berupa teknik simak bebas libat cakap dan yang terakhir teknik catat. Dalam tahap analisis data pada penelitian ini digunakan metode padan pragmatis. Teknik dasar yang digunakan dalam metode padan pragmatis yaitu teknik pilah unsur penentu. Tahap penyajian hasil analisis data penelitian ini digunakan metode penyajian informal. Penelitian praanggapan wacana iklan busana wanita pada tabloid Wanita Indonesia edisi April-Juni 2013 menghasilkan (1) bentuk-bentuk praanggapan yang berupa praanggapan semantik dan praanggapan pragmatik, (2) m acam -macam praanggapan yang berupa praanggapan yang menyatakan gambaran yang ditentukan sebanyak 3 wacana iklan, praanggapan kata verba yang mengandung kenyataan ( faktive ) sebanyak 2 wacana iklan, praanggapan kata verbal yang mengganti keadaan sebanyak 1 wacana iklan, praanggapan kata verba yang menyatakan pengulangan sebanyak 1 wacana iklan, praanggapan kata waktu sebanyak 5 wacana iklan, p raanggapan kalimat yang ada topik atau fokusnya sebanyak 9 wacana iklan, praangg apan kata bandingan sebanyak 2 wacana iklan, praanggapan apposisi re nggang sebanyak 1 wacana iklan, praanggapan konditional yang berlawanan sebanyak 4 wacana iklan dan praanggapan pertanyaan sebanyak 2 wacana iklan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: 1. Drs. Eko Suroso, M.Pd 2. Drs. Kuntoro, M.Hum
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PJ Semitic
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 20 Jul 2017 01:20
Last Modified: 20 Jul 2017 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item