ANALISIS PRAANGGAPAN IKLAN SABUN PADA ENAM STASIUN TELEVISI (SCTV, RCTI, INDOSIAR, ANTV, TRANS 7, DAN MNC TV) EDISI APRIL 2016 SKRIPSI

ASTUTI, NITA DWI (2017) ANALISIS PRAANGGAPAN IKLAN SABUN PADA ENAM STASIUN TELEVISI (SCTV, RCTI, INDOSIAR, ANTV, TRANS 7, DAN MNC TV) EDISI APRIL 2016 SKRIPSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB IV_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NITA DWI ASTUTI_PBSI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Praanggapan Iklan Sabun pada Enam Stasiun Televisi (SCTV, RCTI, Indosiar, ANTV, TRANS 7, dan MNC TV) Edisi April 2016 bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk praanggapan iklan sabun pada enam stasiun televisi dan mendeskripsikan jenis-jenis praanggapan iklan sabun pada enam stasiun televisi edisi april 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah berupa tuturan-tuturan berjumlah 49 dari jumlah 34 iklan. Sumber data dalam penelitian ini adalah televisi swasta (SCTV, RCTI, INDOSIAR, ANTV, TRANS 7, dan MNC TV). Prosedur penyediaan data menggunakan metode simak. Metode simak meliputi: (1)teknik dasar: teknik sadap (2) teknik lanjutan berupa: (a) teknik simak bebas libat cakap, (2) teknik rekam dan (3) teknik catat. Dan analisis data menggunakan metode padan pragmatis. Metode padan pragmatis meliputi (1) teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan (2) teknik Hubung Banding Menyamakan (HBS). Penelitian analisis praanggapan iklan sabun pada enam stasiun televisi menghasilkan (1) bentuk-bentuk praanggapan yang terdiri dari praanggapan semantik dan praanggapan pragmatik (2) jenis-jenis praanggapan yang berupa praanggapan eksistensial sebanyak 16 data, praanggapan faktif sebanyak 6 data, praanggapan leksikal sebanyak 5 data, praanggapan non-faktif sebanyak 3 data, praanggapan struktural 6 data, praanggapan konterfaktual 1 data.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kuntoro, M.Hum., dan Dra. Siti Fathonah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: praanggapan, iklan sabun, stasiun televisi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 19 Jul 2017 00:25
Last Modified: 19 Jul 2017 00:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item