PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 1 PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015-2016

IZZATI, SITI NUR (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 1 PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015-2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Siti Nur Izzati_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siti Nur Izzati_BAB I.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siti Nur Izzati_BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
Siti Nur Izzati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
Siti Nur Izzati_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Siti Nur Izzati_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
Siti Nur Izzati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
Siti Nur Izzati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak cerita anak kelompok A di TK Aisiyiyah 1 purwokerto kecamatan purwokerto timur kabupaten banyumas tahun ajaran 2015-2016 bertujuan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh positif penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak cerita anak kelompok A di TK Aisyiyah 1 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen True Eksperimen Desaign dengan bentuk Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Aiyiyah 1 Purwokerto yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sample dengan menggunakan teknik Purposive Sample atau sampel bertujuan yaitu kelas A sebanyak 30 anak, yang terdiri dari kelas A1 dan A2 yang masing-masing kelas ada 15 anak. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi kemampuan menyimak cerita. Data analisis menggunakan uji wiloxon signed rank test dan digabungkan dengan deskriptif kualitatif yaitu untuk menjelaskan dinamika pengaruh media boneka tangan pada kemampuan menyimak cerita terhadap masing-masing subjek sehingga, analisis menjadi konkret dan mendalam. Hasil data menunjukkan adanya peningkatan pada kelompok eksperimen nilai pretest 24.60, postest 39.47 dan peningkatan nilai 14.87. Kelompok control pretes 26.06, postest 26.33 dan peningkatan nilai 0.27.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Melati Ismi Hapsari, M.Psi. dan Tatik Ariyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menyimak Cerita, Boneka Tangan di Taman Kanak-Kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:27
Last Modified: 18 Jul 2017 04:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item