UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN BUKU PENGETAHUAN POPULER DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII E DI SMP NEGERI 2 SOKARAJ

DESI DWI SETIANI, (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN BUKU PENGETAHUAN POPULER DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII E DI SMP NEGERI 2 SOKARAJ. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - COVER.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - BAB I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - BAB III.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - BAB IV.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - BAB V.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI DWI SETIANI - LAMPIRAN.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Rangkuman Bu ku Ilmu Pengetahuan Populer Dengan Menggunakan Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII E SMP N 2 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis rangkuman buku pengetahuan populer pada siswa kelas VIII E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah sis wa kelas VIII E dengan jumlah 31 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik test dan teknik nontest. Dengan teknik test peneliti mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan siswa dalam pretest, posttest siklus I, dan posttest siklus II , teknik nontest berupa observasi. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pe nelitian menunjukkan adanya peningkatan di setiap siklusnya. Pada p retest nilai rata – rata kelas mencapai 6 9,6. Siswa yang mencapai tuntas belajar seba nyak 13 siswa (42%). Setelah menggunakan strategi mind mapping , hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada posttest siklus I nilai rata – rata kelas mencapai 72,83, siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa (51,6%). Pada siklus II nilai ra ta – rata kelas mencapai 79,61 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa (77,4%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer kelas VIII E SMP N 2 Sokaraja Kabupaten Banyumas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Dra. Isnaeni Praptanti M.Pd 2. Dra. Noorliana M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 18 Jul 2017 02:48
Last Modified: 18 Jul 2017 02:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item