UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAME’S TOURNAMENT (TGT) PADA ANAK KELOMPOK B 2 TK NEGERI PEMBINA KEC AMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013 - 2014

LINUS, ANALISA (2014) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAME’S TOURNAMENT (TGT) PADA ANAK KELOMPOK B 2 TK NEGERI PEMBINA KEC AMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013 - 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANALISA LINUS = COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANALISA LINUS = BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANALISA LINUS = BAB II.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
ANALISA LINUS = BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
ANALISA LINUS = BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
ANALISA LINUS = BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img]
Preview
Text
ANALISA LINUS = DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
ANALISA LINUS = LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Metode Teams Game’s Tournament (TGT) pada Anak Kelompok B2 TK Negeri Pembina Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Semester Genap Tahun Ajaran 2013 - 2014. Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK tersebut masih rendah, hal ini dapat diketahui dari presentase data bahwa dari 24 anak belum ada anak atau 0% perkembangan sosial emosionalnya berkembang sangat baik (BSB), 8 anak atau 33% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 4 anak atau 17% Mulai Berkembang (MB), dan 12 anak atau 50% Belum Berkembang (BB). Skripsi ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada anak Kelompok B2 TK Negeri Pembina Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang yang berjumlah 24 anak. Dilaksanakan melalui dua siklus, masing -masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan setiap pertemuan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada kondisi awal dari 24 anak belum ada anak atau 0% perkembangan sosial emosionalnya berkembang sangat baik (BSB), 8 anak atau 33% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 4 anak atau 17% Mulai Berkembang (MB), dan 12 anak atau 50% Belum Berkembang (BB). Pada Siklus I, dari 24 anak ada 5 anak atau 21% y ang perkembangan sosial emosionalnya Berkembang Sangat Baik (BSB), 11 anak atau 46% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 8 anak atau 33% Mulai Berkembang (MB), dan 0 anak atau 0 % Belum Berkembang (BB). Pada siklus II, dari 24 anak ada 19 anak atau 79% yang perkembangan sosial emosionalnya Berkembang Sangat Baik (BSB), 4 anak atau 17% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 1 Anak atau 4% Mulai Berkembang (MB), dan tidak ada anak atau 0% yang Belum Berkembang (BB). Adapun tindak lanjut yang dilakukan yaitu dengan cara berdiskusi dengan orangtua dan guru agar lebih memperhatikan perkembangan anak terutama dalam perkembangan sosial emosional karena sebagai bekal mereka untuk bisa bersosialisasi dengan baik ketika dewasa nanti

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Johni Dimyati, M.M 2. Desti Pujiati, M.P
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial Emosional, Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Metode Teams Game’s Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 18 Jul 2017 01:54
Last Modified: 09 Sep 2017 05:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item