PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 KEDUNGREJA

WATI,, KARTIKA (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 KEDUNGREJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik scaffolding, (2) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa teknik scaffolding , (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran teknik scaffolding dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 3 Kedungreja pada pokok bahasan menggunakan kon sep kesebanguan segitiga dal am m emecahan masalah . Populasi peneli tian ini adala h siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kedungreja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretes - postes kontrol grup. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional sedang untuk kelas eksperimen menggunakan pembelajaran teknik Scaffolding . Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes. H asil penelitian pada kelas kontrol mendapat rata - rata nilai pretes sebesar 60,93 dan nilai postes 70,19, sedang pada kelas eksperimen mendapat nilai p retes sebesar 62 , 41 dan nilai postes 81,11. Analisa data dengan menggunakan uji t melalui program SPSS dengan α = 0 , 05 diperoleh t hitung = 4,713 sedangkan t tabe l = 2,007 sehingga t hitung > t tabel maka H o ditolak, yang arti n ya bahwa ada pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap kemampua n representasi matematis siswa. Pengaruh tersebut yaitu terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol, dibuktikan dengan besarnya kriteria nilai n_gain kelas eksperimen memperoleh kriterian tinggi sebesar 25,9% sedang kelas kontrol hanya memperoleh kriteria sedang sebesar 37%. .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Akhmad Jazuli, M.Si, dan Chumaedi Sugihandardji, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi, Teknik scaffolding, Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:22
Last Modified: 14 Jul 2017 03:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item