PENGARUH PARTISIPASI AKTIF BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN AJARAN 2012/2013

TURIJAH,, . (2013) PENGARUH PARTISIPASI AKTIF BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)

Abstract

Penelitian berjudul Pengaruh Partisipasi Aktif Belajar menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII di SMP Negeri 1 Kembaran telah dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengar uh partisipasi aktif belajar menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran terdistribusi 7 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling . Data penelitian berupa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji korelasi sederhana menggunakan uji product moment (r xy ) dilanjutkan uji signifikansi (uji t ). Hasil penelitian untuk menunjukkan ada korelasi yang signifikan antara aktivitas partisipasi dan hasil belajar siswa. Setiap aktivitas yang diamati mempunyai t ingkat korelasi berbeda. Rata – rata nilai hasil belajar po st test kelas eksperimen 78 dan kontrol 68. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa Partisipasi Aktif Belajar menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelaja ran IPA Biologi Kelas VII di SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.pd., M.Si dan Drs. Heri Maryanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Aktif, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, IPA Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Jul 2017 01:01
Last Modified: 14 Jul 2017 01:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2684

Actions (login required)

View Item View Item