PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI KARANGCEGAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NINGRUM,, TRI KURNIA SETIYA (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI KARANGCEGAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Mata pelajaran yang masuk dalam kurikulum sekolah dasar salah satunya adalah mata pelajaran matematika. Pembelajaran matematika di kelas V SD mempunyai cakupan materi yang cukup luas. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menghitung volume kubus dan balok. Siswa menganggap bahwa matematika sebagai pelajaran yang tidak menyenangkan. Metode pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran pair check terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Karangcegak Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil belajar yang dilaksanakan untuk penelitian terdiri dari 3 ranah atau aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Pada aspek kognitif pengambilan data menggunakan tes evaluasi, aspek afektif menggunakan angket yang diisi oleh siswa, pada aspek psikomotor menggunakan lembar unjuk kerja dalam membuat alat peraga sesuai dengan materi. Materi yang diambil dalam penelitian ini yaitu menghitung volume kubus dan balok. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling, kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas, langkah selanjutnya yaitu dilakukan uji pihak kanan atau uji t. Adapun hasil yang diperoleh yaitu (1) pada aspek kognitif H o ditolak dan H a diterima, s ehingga metode pembelajaran pair check memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif siswa kelas V SD Negeri 1 Karangcegak . (2) Pada hasil belajar aspek afektif H o diterima dan H a tolak d engan demikian m etode pembelajaran pair check tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek afektif pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangcegak . (3) Pada hasil b elajar aspek psikomotor H o ditolak dan H a diterima sehingga model pembelajaran pair check memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd .,
Uncontrolled Keywords: penelitian eksperimen, metode pembelajaran pair check, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Jul 2017 00:48
Last Modified: 14 Jul 2017 00:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item