UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI BERMAIN RANTAI NAMA PADA ANAK KELOMPOK A BA ‘AISYIYAH MERTASARI KECAMATAN PURWONEGORO KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013 – 2014

RAHMAWATI, PUTRI MAYNI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI BERMAIN RANTAI NAMA PADA ANAK KELOMPOK A BA ‘AISYIYAH MERTASARI KECAMATAN PURWONEGORO KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013 – 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI COVER.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
PUTRI MAYNI RAHMAWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Bermain Rantai Nama Kelompok A BA „Aisyiyah Mertasari Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bermain di BA „Aisyiyah Mertasari Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara, berbahasa sangat penting diajarkan di Taman Kanak – Kanak, karena dengan pengalaman berbahasa sejak dini, anak akan mampu mengembangkan kemampuan berbahasa di kemudian hari dengan baik Penelitian ini berupan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok A BA „Aisyiyah Mertasari Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah anak 18 anak yakni 6 putra dan 12 putri. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yang mengacu pada pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data selama penelitian, kemampuan berbahasa anak mengalami peningkatan dengan ditandai dengan tingkat keberhasilan yang semakin meningkat dari kondisi awal. Pada kondisi awal anak yang belum berkembang sebanyak 10 anak atau 56%, 7 anak atau 39% yang mulai berkembang, 1 anak atau 5% yang berkembang sesuai harapan, pada indikator penilaian berkembang sangat baik belum ada. Siklus I, anak yang belum berkembang 6 anak atau 34%, 7 anak atau 39% anak yang mulai berkembang, 3 anak atau 16% anak yang berkembang sesuai harapan, serta ada 2 anak atau 11% anak yang berkembang sangat baik. Siklus II, ada 1 anak atau 5% yang belum berkembang, 3 anak atau 16% anak yang mulai berkembang, 6 anak atau 34% anak yang berkembang sesuai harapan, serta ada 8 anak atau 45% anak yang berkembang sangat baik.Selanjutnya untuk satu anak yaitu afriza yang kemampuan berbahasanya baru berkembang, maka akan dilakukan perbaikan pembelajaran secara terus – menerus dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sukristanto, M.Pd dan Yuki Widiasari, M.A
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Metode Bermain, Permainan Rantai Nama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Jul 2017 04:27
Last Modified: 13 Jul 2017 04:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item