PENGARUH MODEL VCT DENGAN KARTU KEYAKINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PARUNGKAMAL

NURMAWATI, PUSPA (2014) PENGARUH MODEL VCT DENGAN KARTU KEYAKINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PARUNGKAMAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
PUSPA NURMAWATI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSPA NURMAWATI BAB I.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSPA NURMAWATI BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
PUSPA NURMAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] Text
PUSPA NURMAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
PUSPA NURMAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
PUSPA NURMAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
PUSPA NURMAWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan ilmu dasar yang dipelajari di Sekolah Dasar yang mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter peserta didik. Selain itu Pendidikan Kewarganegaraan juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan diujian nasional, maka dari itu siswa juga diharapkan mempunyai penguasaan materi yang baik dalam mata pelajaran tersebut. Namun pada kenyataannya pemahaman beberapa siswa terhadap materi pelajaran kurang baik. Hal tersebut dikarenakan cakupan materi pelajarannya yang luas serta metode pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas kurang bervariasi sehingga menimbulkan kejenuhan dan kebosanan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model VCT Kartu Keyakinan Terhadap Hasil Belajar siswa kelas V Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD Negeri 1 Parungkamal tahun ajaran 2013/ 2014 yang meliputi 3 aspek belajar yaitu, aspek kognitif yang diukur dengan tes evaluasi, aspek afektif dengan menggunakan angket (kuisioner), serta aspek psikomotor dengan penilaian keaktifan di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen,dengan kelas V A sebagai kelas control dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas V tersebut adalah homogeny, oleh karena itu teknik pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan teknik acak atau random sampling. Pokok bahasan yang digunakan adalah menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan selanjutnya dilakukan Uji Mann-Whitney U-test. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Pada aspek kognitif dari hasil yang diperoleh Uhitung< Utabel atau 60< 61; (2) Pada aspek afektif dari hasil yang diperoleh Uhitung > Utabel atau 75> 61; (3) Pada aspek psikomotor dari hasil yang diperoleh Uhitung< Utabel atau 47, 61. Berdasarkan hasil perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model VCT Kartu Keyakinan terhadap hasil belajar siswa aspek kognirif adan psikomotor, namun tidak mempebrikan pengaruh terhadap hasil belajar aspek afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd. dan Drs.H. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Hasil Belajar, Model VCT Kartu Keyakinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Jul 2017 04:21
Last Modified: 13 Jul 2017 04:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item