UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BERKREATIVITAS MEMBUAT PIGURA KARDUS ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL III PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014

MUDJIWATI, . (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BERKREATIVITAS MEMBUAT PIGURA KARDUS ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL III PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUDJIWATI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUDJIWATI BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUDJIWATI BAB II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
MUDJIWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
MUDJIWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
MUDJIWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
MUDJIWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
MUDJIWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan perkembangan sosial emosional anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal III Purwokerto kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas/ PTK yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklusnya ada tiga pertemuan. Langkah-langkah pemecahan masalah terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pengamatan, pelaksanaan, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode observasi yang diperoleh secara langsung terhadap subjek penelitian sebanyak 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal III Purwokerto Kabupaten Banyumas, selanjutnya data di analisis secara bertahap setelah selesai pada tiap pertemuan dengan menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis komparatif terhadap ketuntasan pada studi awal, siklus I dan siklus II. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kreativitas membuat pigura kardus dapat meningkatkan kemampuan perkembangan sosial emosional anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal III Purwokerto kabupaten Banyumas semester genap tahun ajaran 2013-2014. Pada siklus I kemampuan belum berkembang (BB) sebanyak 1 (4%) anak, mulai berkembang (MB) 13 (56,5%) anak, berkembang sesuai harapan (BSH) 9 (39%) anak dan berkembang sangat baik (BSB) 0 (0%). Pada Siklus II anak.belum berkembang (BB) 0 (0%) anak, mulai berkembang (MB) 1 (4%) anak, berkembang sesuai harapan (BSH) 15 (65%) anak dan berkembang sangat baik (BSB) dalam kemampuan perkembangan sosial emosional 7 (30%) anak, Kesimpulan peningkatan perkembangan kemampuan sosial emosional dari studi awal, siklus I dan siklus II dengan melihat hasil akhir siklus II, yaitu menjumlahkan anak Berkembang Sesuai Harapan/ BSH dengan anak Berkembang Sangat Baik/ BSB, 15 anak BSH ditambah 7 anak BSB berjumlah 22 anak (96%)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Johni Dimyati M.M. dan Melati Ismi Hapsari M.Psi
Uncontrolled Keywords: Perkembangan sosial emosional, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Jul 2017 04:06
Last Modified: 13 Jul 2017 04:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item