UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PENGALAMANKU SUBTEMA PENGALAMAN BERSAMA TEMAN SISWA KELAS 1 MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI

ABDILLAH, MARZUKI (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PENGALAMANKU SUBTEMA PENGALAMAN BERSAMA TEMAN SISWA KELAS 1 MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Marzuki Abdillah_JUDUL.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Marzuki Abdillah_BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Marzuki Abdillah_BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
Marzuki Abdillah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
Marzuki Abdillah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
Marzuki Abdillah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
Marzuki Abdillah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karanglewas Lor tahun 2014/2015 masih rendah dan siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Pengalamanku Subtema Pengalaman Bersama Teman melalui pendekatan saintifik dan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Karanglewas Lor Kabupaten Banyumas yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 9 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini alat yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif menggunakan soal evaluasi berbentuk uraian yang dilakukan setiap akhir pertemuan pada setiap siklusnya. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar ranah afektif dan ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,76 dengan persentase ketuntasan 66,67% meningkat. menjadi nilai rata-rata 73,96 dengan persentase ketuntasan 90,47% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh 59,12% menjadi 80,36% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotor meningkat dari 68,51% pada siklus I menjadi 80,69% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I SD Negeri 1 Karanglewas Lor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tema Pengalamanku Subtema Pengalaman Bersama Teman, Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:59
Last Modified: 24 Nov 2016 03:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item