PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK KWLH (KNOW-WANT-LEARNED-HOW) UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI 2 MERSI

MUSTIKA, MERLIA VESTI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK KWLH (KNOW-WANT-LEARNED-HOW) UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI 2 MERSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MERLIA VESTI MUSTIKA COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MERLIA VESTI MUSTIKA BAB I.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MERLIA VESTI MUSTIKA BAB II.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
MERLIA VESTI MUSTIKA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text
MERLIA VESTI MUSTIKA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MERLIA VESTI MUSTIKA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
MERLIA VESTI MUSTIKA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Mersi. Rendahnya rasa ingin tahu siswa ditandai dengan sikap acuh pada pembelajaran dan kurang aktifnya siswa dalam bertanya, sedangkan rendahnya prestasi belajar siswa ditandai dengan nilai siswa yang masih di bawah KKM khususnya pada mata pelajaran IPA yaitu 70. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik KWLH (Know-Want-Learned-How)pada materidaur air di kelas V SD Negeri 2 Mersi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil skala sikap rasa ingin tahu siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 75,51% menjadi 87,9% yaitu dari baik menjadi baik sekali. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 78,56 dengan ketuntasan belajar 69,64%. Siklus II diperoleh rata-rata nilai 82,36 dengan ketuntasan belajar 85,6%. Hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh presentase nilai rata-rata pada siklus I sebesar 79,86% dan pada siklus II sebesar 96,52%. Hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh presentase nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,08% dan siklus II sebesar 91,34%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif teknik KWLH dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi daur air di kelas V SD Negeri 2 Mersi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar, IPA,teknik KWLH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Jul 2017 03:44
Last Modified: 13 Jul 2017 03:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item View Item