PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK “SIMPAN PINJAM” PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO

REJEKI, LAELY SRI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK “SIMPAN PINJAM” PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Laely Sri Rejeki COVER.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laely Sri Rejeki BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laely Sri Rejeki BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
Laely Sri Rejeki BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
Laely Sri Rejeki BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Laely Sri Rejeki BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
Laely Sri Rejeki DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
Laely Sri Rejeki LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik “Simpan Pinjam” Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan teknik “Simpan Pinjam” pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Selomerto kabupaten Wonosobo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Selomerto kabupaten Wonosobo yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang ditempuh selama empat kali pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 2x40 menit. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini, teknik pengambilan data ada dua yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes meliputi pre test dan post test digunakan untuk menilai kemampuan menulis siswa. Sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan dokumentasi foto pada saat pembelajaran berlangsung pada siklus I, kegiatan menulis puisi dengan teknik “Simpan Pinjam” tema “Keindahan Alam” dengan kata kunci Pantai, Pegunungan, Kebun Binatang, dan Bunga. Pada siklus II juga menggunakan teknik “Simpan Pinjam” tema “Keindahan Alam” dengan kata kunci Persawahan, Sungai, Perdesaan, dan Tempat Rekreasi. Sebagai bukti kemampuan menulis puisi pada siswa sebelum dilakukan tindakan dengan nilai rata-rata kelas 68,75 dan yang mencapai tuntas belajar 11 siswa atau 38,28%. Setelah dilakukan pada siklus I dengan teknik “Simpan Pinjam” melalui media kartu kata maka hasil nilai siswa meningkat yang mencapai tuntas belajar menjadi 18 siswa atau 64,28% dengan nilai rata-rata kelas 78,67. Kemudian diadakan tindakan berikutnya pada siklus II dengan pembelajaran yang lebih diperdalam dan mengkondisikan siswa semaksimal mungkin, menuntut siswa untuk lebih aktif maka hasil nilai post test siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik lagi yaitu yang mencapai batas tuntas belajar 25 siswa atau 89,28% dengan nilai rata-rata kelas 85,25. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik “Simpan Pinjam” dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Selomerto kabupaten Wonosobo.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M. Pd. dan Dra. Isnaeni Praptanti, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Puisi; Teknik “Simpan Pinjam”; Pembelajaran Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Jul 2017 02:58
Last Modified: 13 Jul 2017 02:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item