PENGARUH PENANAMAN KARAKTER KERJA SAMA, KERJA KERAS, DAN TANGGUNG JAWAB PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013

IRYANI,, ATIKA (2013) PENGARUH PENANAMAN KARAKTER KERJA SAMA, KERJA KERAS, DAN TANGGUNG JAWAB PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh penanaman karakter kerja sama, kerja keras, dan tanggung jawab pada model pembelajarn kooperatif tipe two stay two stray (TS- TS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Sumbang tahun pelajaran 2012/2013, telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penanaman karakter kerja sama, kerja keras, dan tanggung jawab pada model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan data secara cluster random sampling . Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis non parametrik yaitu menggunakan uji Mann-Whytney. hasil tes menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 50,54% pada kelas kontrol. Hasil uji signifikansi menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara karakter kerja sama, kerja keras, dan tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa karakter kerja sama, kerja keras, dan tanggung jawab pada pembelajaran kooperatif tipe TS -TS tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Sumbang. Kata kunci : Karakter kerja sama; kerja keras; dan t

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Heri Maryanto, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Karakter kerja sama; kerja keras; dan tanggung jawab, model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dan hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 13 Jul 2017 01:44
Last Modified: 13 Jul 2017 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item View Item