PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS X KU 1 SMK NEGERI 1 BANYUMAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ACAK KATA “SCRAMBLE”

ARIFAH, FATKHUL MUJI (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS X KU 1 SMK NEGERI 1 BANYUMAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ACAK KATA “SCRAMBLE”. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fatkhul Muji Arifah_JUDUL.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fatkhul Muji Arifah_BAB I.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fatkhul Muji Arifah_BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
Fatkhul Muji Arifah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
Fatkhul Muji Arifah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
Fatkhul Muji Arifah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img]
Preview
Text
Fatkhul Muji Arifah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
Fatkhul Muji Arifah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Kelas X Ku 1 SMK Negeri 1 Banyumas Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Acak Kata “Scremble””. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur kompleks melalui pembelajaran kooperatif tipe acak kata “scramble”. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X KU 1 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus menempuh empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi atau evaluasi. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan guru bidang studi yang bertindak sebagai pengamat aktivitas guru dan peneliti sebagai pengamat aktivitas siswa juga sebagai pengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pre test persentase ketuntasan sebanyak 25%. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model acak kata “scramble” pada siklus I ketuntasan belajar pada post test I meningkat menjadi 50%. Pada post test II ketuntasan belajar meningkat menjadi 75%. Sedangkan nilai rata-rata dari pre test ke post test I pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 6, 25 poin, yaitu dari 70,22 menjadi 76,47. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 5,03 poin, yakni dari 76,47 menjadi 81,50.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Pd. dan Dra. Noorliana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Teks Prosedur Kompleks, Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran, Acak Kata “Scramble”
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:11
Last Modified: 24 Nov 2016 03:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item