PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “DELIKAN” DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

RINI, RIZKI KARTIKA (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “DELIKAN” DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rizki Kartika Rini_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizki Kartika Rini_BAB I.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizki Kartika Rini_BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
Rizki Kartika Rini_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
Rizki Kartika Rini_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Rizki Kartika Rini_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
Rizki Kartika Rini_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
Rizki Kartika Rini_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran yang sering digunakan oleh sekolah selama ini berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Namun LKS yang sudah ada belum mampu mengakomodasii kebutuhan proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini berupaya mengembangan L KS menggunakan model Delikan, yang dapat memfasilitasi kebutuhan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D), yang bertujuan untuk mengetahui 1) kondisi faktual penggunaan LKS matematika di sekolah dasar. 2) pengembangan LKS matematika materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Delikan dan alat peraga balok garis bilangan untuk siswa kelas IV SD. 3) respon guru terhadap LKS matematika materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Delikan dan alat peraga balok garis bilangan untuk siswa kelas IV SD. 4) respon siswa terhadap LKS matematika materi materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Delikan dan alat peraga balok garis bilangan. 5) pengaruh penggunaan LKS matematika materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Delikan dan alat peraga balok garis bilangan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983 : 772), bahw terdapat 10 langkah dalam penelitian R & D. Namun, pengembangan LKS pada penelitian ini dibatasi hingga tahap uji lapangan awal atau pendahuluan saja. Penelitian ini menghasilkan LKS yang menggunakan model pembelajaran Delikan dan alat peraga balok garis bilangan. Berdasarkan angket validator, LKS ini memperoleh kriteria sangat valid (4,13). Selain itu respon guru terhadap LKS memperoleh rata-rata (4,6) dengan kriteria sangat baik. Dan untuk respon siswa memperoleh rata-rata (4,17) dengan kriteria sangat baik. Uji coba dilakukan menggunakan desain eksperimen dengan kesimpulan uji hipotesis Z < -Zα/2 atau -2,14 < -0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan LKS matematika menggunakan model pembelajaran Delikan siswa kelas IV SD terhadap prestasi belajar matematika pada materi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS, Model Pembelajaran Delikan, Alat Peraga Balok Garis Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Jul 2017 00:44
Last Modified: 13 Jul 2017 00:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item