UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF LEARNING CYCLE 7E SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

LUTFIANA, FARIZA GANIF (2015) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF LEARNING CYCLE 7E SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fariza Ganif Lutfiana_JUDUL.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fariza Ganif Lutfiana_BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fariza Ganif Lutfiana_BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
Fariza Ganif Lutfiana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
Fariza Ganif Lutfiana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
Fariza Ganif Lutfiana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
Fariza Ganif Lutfiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
Fariza Ganif Lutfiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Partisipasi belajar dan tanggung jawab belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Teluk termasuk dalam kategori rendah. Masih terdapat beberapa siswa kurang aktif dalam kategori pembelajaran, baik dalam hal bertanya maupun menyampaikan pendapat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar dan tanggung jawab belajar IPA materi proses pembentukan tanah melalui model pembelajaran kolaboratif learning cycle 7E. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Teluk yang berjumlah 35 siswa. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data partisipasi belajar diperoleh menggunakan skala sikap partisipasi belajar siswa, sedangkan data sikap tanggung jawab diperoleh menggunakan skala sikap tanggung jawab yang diberikan di setiap akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, sikap partisipasi belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 46,75 dengan persentase 77,91%, pada siklus II meningkat diperoleh rata-rata 49,24 dengan persentase 82,06%. Sikap tanggung jawab pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 31,35 dengan persentase 78,38%, pada siklus II meningkat diperoleh rata-rata 33,35 dengan persentase 83,38%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kolaboratif learning cycle 7E dapat meningkatkan partisipasi dan tanggung jawab belajar IPA siswa materi proses pembentukan tanah di kelas V SD Negeri 3 Teluk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Yudha Febrianta, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Belajar, Tanggung Jawab, IPA, Learning Cycle 7E
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Nov 2016 02:59
Last Modified: 24 Nov 2016 02:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item