UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN KEGIATAN PENGAMATAN PERTUMBUHAN TANAMAN PADA ANAK KELOMPOK B RA DIPONEGORO 178 PURWOJATI PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

AMANIA, RIZQIA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN KEGIATAN PENGAMATAN PERTUMBUHAN TANAMAN PADA ANAK KELOMPOK B RA DIPONEGORO 178 PURWOJATI PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RIZQIA AMANIA_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan sains pada anak didik kelompok B RA Diponegoro 178 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode eksperimen dengan pengamatan pertumbuhan tanaman. Penelitian Tindakan Kelas ini diajukan karena kurangnya kemampuan sains anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan masingmasing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA Diponegoro 178 Purwojati, yang berjumlah 20 peserta didik. Metode yang digunakan dalam perbaikan penelitian ini adalah metode eksperimen. Data yang diperoleh melalui hasil evaluasi anak dan pengamatan oleh obsever. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan sains. Metode analisi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bawha setiap siklus ada peningkatan terbukti pada dari kondisi awal, peserta didik yang Belum Berkembang (BB) 10 anak (50%), yang Mulai Berkembang (MB) 6 anak (30%), anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 4 anak (20%), dan yang berkembang sangat baik belum ada atau (0%) 0 anak. Jadi anak yang mempunyai kemampuan sains pada kondisi awal hanya ada 4 anak (20%). Kemudian setelah diadakan perbaikan pada siklus I, kemampuan sains anak meningkatan, meski belum optimal. Yaitu 2 anak (10%) belum berkembang (BB), 9 anak (45%) Mulai Berkembang (MB). 3 anak (15%) Berkembang Sesuai Harapan (BSH). 6 anak (30%) Sudah Berkembang Sangat Baik (BSB). Jadi anak yang mempunyai kemampuan sains pada siklus I ada 9 anak (45%). Kemudian pada siklus II kemampuan sains anak mulai meningkat menjadi anak yang kemampuan sainsnya Belum Berkembang (BB) menjadi tidak ada, 4 anak (20%) sudah Mulai Berkembang (MB). 4 anak (20%) Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 12 anak (60%) Berkembang Sangat Baik (BSB). Jadi anak yang mempunyai kemampuan sains pada siklus II ini ada 16 anak (80%). Upaya tindak lanjut yang disarankan oleh peneliti kepada orang tua agar kemampuan sains mengalami peningkatan sebaiknya diberikan pendampingan dan home visit, lalu guru disekolah harus lebih memperhatikan dan melakukan pendekatan kepada mereka daripada teman-teman yang sudah berkembang dengan sangat baik. Sering-seringlah memberikan banyak kesempatan untuk mereka yang baru mulai berkembang untuk lebih sering tampil di kelas baik ketika mengutarakan pendapat maupun berperan aktif dalam sebuah kegiatan kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si., dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen,Kemampuan sains,Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 12 Jul 2017 00:50
Last Modified: 12 Jul 2017 00:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item