PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS IVB SD NEGERI 2 PLIKEN

ZUHROTUNNISA, WENING (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS IVB SD NEGERI 2 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WENING ZUHROTUNNISA COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENING ZUHROTUNNISA BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENING ZUHROTUNNISA BAB II.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
WENING ZUHROTUNNISA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
WENING ZUHROTUNNISA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
WENING ZUHROTUNNISA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
WENING ZUHROTUNNISA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
WENING ZUHROTUNNISA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Matematika sebagai salah satu ilmu dasar di sekolah mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu dan teknologi. Namun matematika masih menjadi salah satu mata pelajaran yang ditakuti, tidak disukai, tidak menarik dan dianggap sulit oleh para siswa. Hal ini akan berdampak buruk terhadap hasil belajar matematika. Oleh karena itu perlu diadakan perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran langsung dengan permainan teka-teki silang. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dengan permainan teka-teki silang diupayakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan menggunakan model pembelajaran langsung dengan permainan teka-teki silang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 2 Pliken dengan jumlah 16 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dimana 1 kali pertemuan terdiri dari 3 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi baik guru maupun siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar aspek kognitif diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Untuk memperoleh data hasil belajar aspek afektif siswa menggunakan lembar penilaian siswa aspek afektif, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar aspek psikomotor siswa menggunakan lembar penilaian siswa aspek psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar aspek kognitif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,75 dengan ketuntasan belajar 75%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,5 dengan ketuntasan belajar 81,25%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 97,25 dengan ketuntasan belajar 93,75%. Pada hasil belajar aspek afektif siklus I diperoleh hasil penelitian dengan skor rata-rata 2,6. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,13. Pada siklus III diperoleh skor rata-rata 3,58. Sedangkan pada hasil belajar aspek psikomotor, siklus I diperoleh skor rata-rata 2,64. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,2. Pada siklus III diperoleh skor rata-rata 3,66. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dengan permainan teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Negeri 2 Pliken.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Supriatna, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Langsung, Permainan Teka-Teki Silang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 12 Jul 2017 01:01
Last Modified: 12 Jul 2017 01:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item