PERAN SAMSAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEMALSUAN SURAT-SURAT KENDARAAN BERMOTOR (Studi di SAMSAT Purwokerto)

WIJAYA, AGUNG (2015) PERAN SAMSAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEMALSUAN SURAT-SURAT KENDARAAN BERMOTOR (Studi di SAMSAT Purwokerto). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Agung Wijaya_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agung Wijaya_BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agung Wijaya_BAB II.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text
Agung Wijaya_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
Agung Wijaya_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
Agung Wijaya_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
Agung Wijaya_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini kejahatan semakin beragam dan terus berkembang di dalam kehidupan masyarakat. Bukan saja pada masyarakat yang sudah maju, namun juga terdapat pada masyarakat yang sedang berkembang. Salah satu bentuk kejahatan adalah kejahatan curanmor. Pada saat ini kejahatan sudah tertata rapi dan juga mempunyai jaringan yang terorganisir. Dengan semakin terorganisirnya kejahatan curanmor, maka tidak hanya terbatas sampai pencurian kendaraan bermotornya saja melainkan sampai pemalsuan surat-surat kendaraan bermotor. Semua itu dilakukan untuk menunjang praktek pencurian kendaraan bermotor. Permasalahan dari penulisan hukum ini dititikberatkan pada peran SAMSAT dalam upaya pencegahan dan penanggulangan tindak pidana pemalsuan surat-surat kendaraan bermotor dan kendala yang dihadapinya. Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui peran SAMSAT dalam upaya pencegahan dan penanggulangan tindak pidana pemalsuan surat-surat kendaraan bermotor serta hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian deskriptif analitif, metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder, untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis data normatif kualitatif. Peran SAMSAT Purwokerto Dalam Pencegahan Terhadap Pemalsuan Surat Kendaraan Bermotor antara lain: a. Mengadakan penelitian dokumen kendaraan bermotor dengan mengadakan cross cek terhadap nomor rangka dan nomor mesin terhadap kendaraan bermotor; b. Menerima dan meneliti hasil pemeriksaan fisik kendaraan bermotor untuk disesuaikan dengan dokumen kendaraan bermotor; c. Pemilihan tanda pengaman yang baik dalam surat kendaraan bermotor, sehingga surat kendaraan bermotor tersebut lebih sulit dipalsukan. Penanggulangan tindak pidana pemalsuan surat yang dilakukan oleh pihak SAMSAT Purwokerto dengan Pemblokiran Surat kendaraan Bermotor. Kendala SAMSAT dalam mencegah pemalsuan surat kendaraan bermotor antara lain: a. Kurangnya kesadaran pemilik kendaraan bermotor yang kendaraannya hilang untuk melapor ke polisi; b. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menanyakan status kendaraan yang akan dibeli sebelum terjadi transaksi jual beli pada kantor SAMSAT; c. Kendaraan bermotor tidak bisa datang ke SAMSAT karena berada diluar daerah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Rahtami Susanti, S.H., M.Hum. dan Soediro S.H., LL.M.
Uncontrolled Keywords: SAMSAT
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Nov 2016 01:31
Last Modified: 24 Nov 2016 01:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item