EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SUPERITEM DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

NURFITRIANI, LISA (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SUPERITEM DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Lisa Nurfitriani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lisa Nurfitriani_BAB I.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lisa Nurfitriani_BAB II.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
Lisa Nurfitriani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
Lisa Nurfitriani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
Lisa Nurfitriani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
Lisa Nurfitriani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
Lisa Nurfitriani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Superitem dengan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only control. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran Superitem dengan Scaffolding. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran Superitem dengan Scaffolding efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal itu terlihat dari indikator efektivitas pembelajaran yang terdiri dari hasil tes pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran Superitem dengan Scaffolding mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) individual dan klasikal, aktivitas guru dan aktivitas siswa terdapat pada kategori baik, respon siswa yang positif terhadap model pembelajaran Superitem dengan Scaffolding, dan capaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran Superitem dengan Scaffolding lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran Superitem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Superitem, Scaffolding
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Jul 2017 01:46
Last Modified: 11 Jul 2017 01:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2535

Actions (login required)

View Item View Item