UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA PESERTA DIDIK KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI SDN 2 NOTOG PATIKRAJA

ILMAWAN, FIRMAN YOGI (2014) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA PESERTA DIDIK KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI SDN 2 NOTOG PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14f.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB IV_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_FIRMAN YOGI ILMAWAN_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SD Negeri 2 Notog menunjukkan bahwa proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Proses semacam ini tentu kurang baik terutama bagi peningkatan kemampuan belajar peserta didik dan rasa ingin tahu peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi memahami sifat bangun ruang sederhana melalui penerapan model pembelajaran Van Hiele. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Notog dengan jumlah siswa 32 yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, angket, lembar evaluasi, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan rasa ingin tahu peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 33,5 dan persentase 84% dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 34,5 dan persentase 86%. Prestasi belajar peserta didik pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 84% dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Notog.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Matematika, Van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:15
Last Modified: 10 Jul 2017 03:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item