AZMY, FASTRY UPI (2014) ANALISIS DESKRIPTIF TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERPRESTASI DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Download (582kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Download (538kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN_FASTRY UPI AZMY_PGSD'14.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sudah menjadi sebuah keharusan bagi guru untuk memiliki kompetensi pedagogik dalam menunjang keberhasilan peserta didik belajar. Guru berprestasi merupakan salah satu guru yang dianggap memiliki kompetensi-kompetensi yang relevan dengan kualifikasi guru yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru berprestasi jenjang sekolah dasar dan cara guru berprestasi mengembangkan kompetensi pedagogiknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah juara 1 guru berprestasi tingkat nasional dari SD N 2 Kecila, juara 4 guru berprestasi tingkat provinsi dari SD N Kecil Kalipagu, dan juara 1 guru berprestasi tingkat kabupaten dari SD N 2 Tanjung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berprestasi memiliki kompetensi pedagogik diantaranya: (1) guru mengenal karakteristik peserta didik dengan baik sehingga dapat mengimplementasikan kegiatan pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik, (2) guru menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik serta mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran, (3) guru melakukan pengembangan kurikulum dengan mengembangkan alat peraga, mengembangkan aktivitas pembelajaran, dan mengembangkan RPP sesuai KTSP, (4) guru menerapkan kegiatan pembelajaran yang mendidik yaitu memberikan reward, menyanyi bersama, dan menggunakan LCD saat kegiatan pembelajaran, (5) guru mengembangkan potensi peserta didik dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, berpendapat, dan maju ke depan kelas, (6) dalam membangun komunikasi dengan peserta didik, guru mengembangkan variasi pertanyaan dan menanggapi pertanyaan dari peserta didik dengan baik, (7) bentuk evaluasi yang digunakan guru yaitu ulangan harian, PR, dan penilaian rubrik/sikap. Pengembangan kompetensi pedagogik oleh guru berprestasi antara lain: (1) membaca buku yang berkaitan dengan pendidikan, (2) menulis buku serta menjadi tim pembuat atau penyusun LKS, buku panduan, dan modul, (3) aktif mengikuti kegiatan workshop, diklat atau sejenisnya baik dengan biaya sendiri maupun dibiayai oleh dinas, (4) aktif dalam kegiatan KKG, (5) aktif bertanya atau berdiskusi dengan teman dengan tujuan untuk mencari pengetahuan atau informasi yang relevan dengan pengembangan kompetensi pedagogik guru. Dengan memiliki kompetensi pedagogik yang sudah disebutkan di atas maka layak mereka mendapat penghargaan sebagai guru berprestasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Cicih Wiarsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, guru berprestasi, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 02:58 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 02:58 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |