UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI PADA MATERI MENULIS PERCAKAPAN MELALUI METODE PARTISIPATORI DI SD NEGERI 1 RAWALO

PRAMITASARI, DENI (2013) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI PADA MATERI MENULIS PERCAKAPAN MELALUI METODE PARTISIPATORI DI SD NEGERI 1 RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DENI PRAMITASARI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam menulis teks percakapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis teks percakapan melalui penerapan metode pembelajaran partisipatori. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Rawalo yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data rasa tanggung jawab siswa yaitu dengan menggunakan angket tanggung jawab yang diberikan pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data rasa tanggung jawab siswa pada siklus 1 sebesar 65,29% dan men ingkat pada siklus 2 sebesar 82,2%. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh data sebesar 32,35% pada siklus 1 dan meningkat pada siklus 2 sebesar 94,11%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran partisipatori dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A., dan Drs. Pamujo, M. M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, prestasi belajar, metode partisipatori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 10 Jul 2017 02:37
Last Modified: 10 Jul 2017 02:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item