DHIYANTO, HERU (2014) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PERIKSA DAN PEMBERIAN INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN (FALSE EMERGENCY) PADA PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT EMANUEL PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Heru Dhiyanto_JUDUL.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
Heru Dhiyanto_BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
Heru Dhiyanto_BAB II.pdf Download (544kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Heru Dhiyanto_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
![]() |
Text
Heru Dhiyanto_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
![]() |
Text
Heru Dhiyanto_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
|
Text
Heru Dhiyanto_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang : Waktu tunggu periksa dan pemberian informasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu periksa dan pemberian informasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan (false emergency) pada pelayanan di instalasi gawat darurat Rumah Sakit Emanuel Purwareja Klampok Banjarnegara. Metode : Desain peneliti ini adalah deskriptif analitik non eksperimental dengan pendekatan cross sectional study dan menggunakan sampel 10 % dari populasi yaitu 36 responden. Analisis data secara analitik menggunakan uji korelasi product moment pearson untuk menguji hubungan waktu tunggu periksa dan pemberian informasi terhadap kepuasan pasien dengan tingkat kemaknaan 0.05. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi waktu tunggu periksa terhadap kepuasan pasien adalah -0.572 dan p value ≤ 0.05 (0.0001 < 0.05). Hal ini menunjukkan terjadi hubungan negatif dengan tingkat keeratan yang sedang antara waktu tunggu periksa terhadap kepuasan pasien. Dan hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi pemberian informasi terhadap kepuasan pasien adalah 0.684 dan p value ≤ 0.05 (0.0001 < 0.05). Hal ini menunjukkan terjadi hubungan positif dengan tingkat keeratan yang kuat antara pemberian informasi terhadap kepuasan pasien. Simpulan : Ada hubungan waktu periksa dan pemberian informasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan (false emergency). Rumah sakit dapat meminimalkan waktu tunggu periksa dan meningkatkan pemberian informasi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit Emanuel.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ns. Jebul Suroso, S.Kp., M.Kep. dan Kris Linggardini, S.Kp., M.Kep. |
Uncontrolled Keywords: | Waktu Tunggu Periksa, Pemberian Informasi, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 00:41 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 00:41 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |