UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBUAT LUKISAN DOODLE DENGAN MEDIA TALI SEPATU PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CAHAYA MANGUNEGARA KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013-2014

ANDRIYANI, FEBRIA ADITYA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBUAT LUKISAN DOODLE DENGAN MEDIA TALI SEPATU PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CAHAYA MANGUNEGARA KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FEBRIA A COVER.pdf

Download (33MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FEBRIA A. BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FEBRIA A. BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
FEBRIA A. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
FEBRIA A. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
FEBRIA A. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
FEBRIA A. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
FEBRIA A. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98MB)

Abstract

dengan media tali sepatu dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada Pendidikan Anak Usia Dini Cahaya Mangunegara Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian terdiri dari 16 siswa, yaitu 12 siswa puta dan 4 siswa putrid yang dilaksanakan di PAUD Cahaya Mangunegara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tekhnik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan peningkatan. Hasil ini dibuktikan dengan data studi awal, 2 anak atau 12,5% yang kemampuan motorik halusnya berkembang sangat baik (BSB), 2 anak atau 12,5% yang kemampuan motorik halusnya berkembang sesuai harapan (BSH), 4 anak atau 25% yang kemampuan motorik halusnya mulai berkembang (MB), dan 8 anak atau 50% kemampuan motorik halusnya belum berkembang (BB). Pada siklus I, 2 anak atau 12,5% yang kemampuan motorik halusnya berkembang sangat baik (BSB), 3 anak atau 18,75% yang kemampuan motorik halusnya berkembang sesuai harapan (BSH), 5 anak atau 31,25% yang kemampuan motorik halusnya mulai berkembang (MB), dan 6 anak atau 37,5% kemampuan motorik halusnya belum berkembang (BB). Pada siklus II, 6 anak atau 37,5% yang kemampuan motorik halusnya berkembang sangat baik (BSB), 8 anak atau 50% yang kemampuan motorik halusnya berkembang sesuai harapan (BSH), 2 anak atau 12,5% yang kemampuan motorik halusnya mulai berkembang (MB). Bagi 2 anak yang mulai berkembang akan diberi motivasi dan dilakukan bimbingan kembali oleh guru sehingga kemampuan motorik halusnya meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Makhful, M.Ag. dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik halus, lukisan doodle, media tali sepatu, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jul 2017 02:00
Last Modified: 10 Jul 2017 02:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item