UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IX A SEMESTER 2 DI MTs MA’ARIF 04 TAMANSARI PURBALINGGA

KHUMAIDAH, AMBAR (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IX A SEMESTER 2 DI MTs MA’ARIF 04 TAMANSARI PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB IV_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
BAB V_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AMBAR KHUMAIDAH_PBSI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpidato dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IX A Semester 2 di MTs Ma’arif 04 Tamansari Purbalingga.Tujuannya adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam berpidato di kelas IX A MTs Ma’arif 04 Tamansari Purbalingga melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan (2 x 40 menit) dan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX A MTs Ma’arif 04 Tamansari, purbalinga yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Tes berupa tes unjuk kerja (pratik berpidato) sedangkan nontes berupa angket, wawancara, dan pengamatan pada aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian ditunjukkan dengan peningkatan beberapa indikator penilaian yang meliputi: pelafalan, kelancaran, gaya (ekspresi), penguasaan materi, keterampilan mengolah/mengembangkan ide . Ketuntasan atau nilai rata-rata siswa sebelum dikenai tindakan hanya sebesar 51,14 hanya 1 siswa yang tuntas. Setelah dikenai tindakan pada siklus I meningkat sebesar 13,47, yaitu menjadi 64,61, siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 anak. Pada akhir tindakan siklus II sebesar 76,61 atau meningkat sebesar 12,0. Peningkatan keseluruhan sebesar 25,47. Pada siklus 2 siswa yang tuntas berjumlah 28 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpidato.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fathonah, M.Hum., dan Dra. Hj. Tutut Tugiati, M. Hum
Uncontrolled Keywords: meningkatkan, metode demonstrasi, pidato
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 10 Jul 2017 00:56
Last Modified: 10 Jul 2017 00:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item View Item