PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CILONGOK

PUJIENI, . (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CILONGOK. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
PUJIENI COVER.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUJIENI BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUJIENI BAB II.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
PUJIENI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
PUJIENI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
PUJIENI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
PUJIENI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
PUJIENI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)

Abstract

Belajar menulis puisi merupakan salah satu cara siswa mengungkapkan gagasan yang ada dalam benak, yang kemudian dituangkan pada kata-kata dalam bentuk puisi. Selain itu, pembelajaran apresiasi puisi juga untuk meningkatkan daya nalar siswa guna berekspresi dalam berkarya. Kendala yang sering dijumpai dalam pembelajaran puisi adalah kurangnya menggunakan media pembelajaran yang tepat sasaran. Saat pembelajaran sering hanya menyalin saja dari buku teks yang sudah ada sehingga kebiasaan menulis puisi kurang diminati siswa. Pada umumnya pembelajaran puisi hanya hafalan dan sudah ada di buku, guru kurang melatih siswa untuk membiasakan menulis puisi. Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran media audio visual dalam meningkatkan motivasi menulis puisi pada siswa Sekolah Dasar Negeri kelas V di Kecamatan Cilongok? (2) Apakah ada pengaruh pembelajaran media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bagi siswa Sekolah Dasar Negeri kelas V di Kecamatan Cilongok? Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti melakukan penelitian ini dirancang dengan eksperimen semu (quasi experimental), sedangkan desain yang digunakan adalah pretest-possttest control group design. Sampel diambil dari 6 SD di Kecamatan Cilongok yang diambil dengan teknik total sampling atau sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menulis puisi. Hasil tes pada kelompok eksperimen jauh lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis statistik Uji Beda (t-test) dengan nilai t-test menunjukkan angka harapan yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% yang menunjukkan angka sebesar yang diharapkan. Dari hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, diterima/terbukti. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan Media Audio Visual terhadap motivasi dan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDdi Kecamatan Cilongok pada taraf α = 0,05. Ini mengandung arti bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis puisi yang lebih tinggi di kelas eksperimen daripada pembelajaran menggunakan konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Asep Nurjamin, M.Pd dan Dr. H. Akhmad Jazuli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pembelajaran Media Audio Visual, Menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 08 Jul 2017 03:27
Last Modified: 08 Jul 2017 03:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item