PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)(STUDI DESKRIPTIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSI)

NOFIANI,, ESTI (2015) PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)(STUDI DESKRIPTIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSI). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Pada dasa rnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sama seperti individu anak lain, mereka juga memiliki hak sama untuk dapat sukses dan berkembang dalam hidupnya dengan berbagai minat dan bakat yang mungkin banyak orang lain tidak miliki. P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam mengenal karakteristik, mengetahui, membina minat bakat serta upaya sekolah dan juga kendala mereka selama ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan m etode penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata -kata, gambar, dan bukan angka -angka. Penelitian ini dilakukan di SD N 01 Tanjung sebagai salah satu SD Inklusi yang ada di Kabupaten Banyumas, subjek penelitian ini adalah siswa ABK kelas 4 dengan jenis kebutuhan kesulitan atau lambat belajar sejumlah 7 orang. Guru menjadi informan primer dan kepala sekolah dan siswa menjadi informan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data analisis dilakukan dengan menggunakan analis is model Miles and Huberman yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion . Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik keabsahan data . Hasil penelitian menunjukan bahwa antara guru reguler khusus dalam melihat karakteristik siswa ABK dilihat dari hasil pembelajaran, rasa ingin tahu, serta sikap siswa dalam keseharian . Guru khusus dalam prakteknya banyak memberikan kegiatan yang bersifat keterampilan untuk dapat mengetahui berbagai potensi minat bakat siswanya, sedangkan untuk pembinaan yang dilakukan secara intensif guru khusus lakukan di kelas inklusi setiap hari jumatnya. S ekolah juga senantiasa turut memberikan andil dalam me lakukan upaya pembinaan minat bakat siswa ABK seperti dengan adanya kegiatan tari dan musik. M eski dalam pelaksanaanya semua kegiatan memiliki kendala baik pada bidang sarana prasarana, guru ataupun siswa ABK itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Drs. Sony Irianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: minat, bakat, ABK, Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Jul 2017 03:28
Last Modified: 08 Jul 2017 03:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item View Item