UPAYA MENINGKATKAN SIKAP BERSAHABAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 KARANGGUDE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MEDIA MONOPOLI

KHAFID, AKROM FIL (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP BERSAHABAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 KARANGGUDE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MEDIA MONOPOLI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Akrom Fil Khafid_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Akrom Fil Khafid_BAB I.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Akrom Fil Khafid_BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
Akrom Fil Khafid_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
Akrom Fil Khafid_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Akrom Fil Khafid_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
Akrom Fil Khafid_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
Akrom Fil Khafid_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap bersahabat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan media monopoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Karanggude, berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, skala sikap, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 70 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukan model kooperatif tipe Team Assisted Individulaization dan media monopoli dapat meningkatkan sikap bersahabat pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II. Siklus I rata-rata nilainya adalah 3,71 dan pada siklus II rata-rata nilainya adalah 4,27. Model kooperatif tipe Team Assited Individualization dan media monopoli juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 68,45 dengan persentase ketuntasan 61,53%. pada siklus II nilai rata-rata yaitu 85,19 denga persentase ketuntasan 84,61%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Arifin Muslim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bersahabat, Prestasi Belajar, Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Media Monopoli, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 08 Jul 2017 02:20
Last Modified: 08 Jul 2017 02:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2427

Actions (login required)

View Item View Item