UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD NEGERI 1 SIDAKANGEN

WIJANARKO, ANGGITIYO (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SD NEGERI 1 SIDAKANGEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANGGITIYO WIJANARKO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGITIYO WIJANARKO BAB I.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGITIYO WIJANARKO BAB II.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
ANGGITIYO WIJANARKO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
ANGGITIYO WIJANARKO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
ANGGITIYO WIJANARKO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
ANGGITIYO WIJANARKO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
ANGGITIYO WIJANARKO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajarpada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang melalui penerapan pendekatan Matematika realistik.Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Sidakangen dengan jumlah siswa 37.Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan observasi siswa. Data hasil belajar ranah kognitif diperoleh dari tes evaluasi yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Untuk memperoleh data hasil belajar ranah afektif dan ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar ranah kognitif siklus I diperoleh rata-rata nilai 69,29 dengan ketuntasan 78%, dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 82,8 dengan ketuntasan 86%. Hasil belajar ranah afektif diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar68,4%,dan siklus II sebesar 86,8%. Sedangkanhasil belajar ranah psikomotor diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar69%, dan siklus II sebesar 88,9%, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Sidakangen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika Sekolah Dasar, Penerapan Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 08 Jul 2017 01:26
Last Modified: 08 Jul 2017 01:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2413

Actions (login required)

View Item View Item