UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KARANGGUDE

PRAMONO,, YULIS (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KARANGGUDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 3 Karanggude ini dilakukan untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA materi perubahan lingkungan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Karanggude yang berjumlah 34 siswa, penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini pengumpulan datanya diambil dari lembar angket kerja keras, lembar evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar wawancara siswa. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV SD Negeri 3 Karanggude, diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar siswa. Kerja keras pada siklus I diperoleh skor rata-rata 3,537 dengan persentase ketuntasan 61,76% (baik) dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,984 dengan persentase ketuntasan 85,29% (sangat baik). Perolehan rata-rata skor prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan pada siklus I sebesar 66,76 dengan persentase ketuntasan 70,58% (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 78,67 dengan persentase 85,29% (baik sekali). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 3 Karanggude yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si dan Dhi Bramasta, S.Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kerja Keras, Prestasi Belajar Siswa, IPA, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jul 2017 03:58
Last Modified: 07 Jul 2017 03:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item