PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENGGUNAKAN POP UP BOOK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

LISTIANINGSIH,, WAHYU DESI (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENGGUNAKAN POP UP BOOK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sangat membantu siswa aktif dalam proses pembelajaran . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan ( Research and Development ). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kondisi faktual LKS bangun ruang di sekolah dasa r; 2) mengetahui pengembangan LKS kelas IV bangun ruang menggunakan Pop Up Book dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square ; 3) mengetahui validasi pakar terhadap pengembangan LKS materi bangun ruang kelas IV menggunakan Pop Up Boo k dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square ; 4) mengetahui pengaruh pengembangan LKS materi bangun ruang kelas IV menggunakan Pop Up Book dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square terhadap prestasi belajar siswa ; 5) mengetahu i respon guru terhadap LKS materi bangun ruang kelas IV menggunakan Pop Up Book dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square ; 6) mengetahui respon siswa terhadap LKS materi bangun ruang kelas IV menggunakan Pop Up Book dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square . Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kedondong Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas . Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes. Tes yang diberikan berupa posttest sedangkan nontes be rupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS Pop Up Book dapat dan telah dikembangkan lebih efektif untuk pembelajaran matematika materi bangun ruang di sekolah dasar. Hal tersebut dapat dilihat dari rata -rata hasil validasi ahli materi yaitu 4, 50 d an validasi desain grafis 3,58 yang menunjukkan bahwa LKS layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh LKS terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang . Hasil lainnya adalah respon guru da n siswa sangat baik dibuktikan dengan rata -rata respon guru 4, 2 7 dan respon siswa 4,5

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.,
Uncontrolled Keywords: matematika, materi bangun ruang, LKS, pop up book, kooperatif tipe think pair square.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jul 2017 03:40
Last Modified: 07 Jul 2017 03:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item