UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRUNER DI KELAS IV SD NEGERI 2 LESMANA

ARTININGSIH,, TRI (2016) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRUNER DI KELAS IV SD NEGERI 2 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankedisiplinan siswa dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Lesmana melalui Model Pembelajaran Bruner dalam pembelajaran matematika materi pecahan. Langkah-langkah Model Pembelajaran Bruner yang diterapkan meliputi tiga tahap belajar yaitu enaktif, ikonik dan simbolik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis Tagart. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Lesmana yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan siswa dan prestasi siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Lesmana melalui model pembelajaran Bruner dengan memperhatikan tahap enaktif yang melibatkan siswa melakukan peragaan pada saat diskusi kelompok, tahap ikonik yang menggunakan media gambar yang melibatkan semua siswa secara individu, dan tahap simbolik yaitu memberikan simbol pecahan. Sebelum diadakan penelitian, peneliti melakukan wawancara kepada guru untuk mengetahui kedisiplinan siswa yaitu kedisiplinan siswa masih sangat kurang dan melakukan pre tes matematika, hanya dua siswa dari 20 siswa yang tuntas KKM yaitu 70. Pada siklus I memperoleh rata-rata nilai kedisiplinan siswa sebanyak 3,32 dengan kriteria sangat baik. Pada siklus II memperoleh rata-rata nilai kedisiplinan 3,68 dengan kriteria sangat baik. Sebelum diadakan penelitian, hanya 2 (10%) dari 20 siswa yang memperoleh nilai KKM >70. Pada siklus I sebanyak 80% atau 16 siswa yang tuntas memperoleh nilai >70. Pada siklus II, ketuntasan belajar naik 15% menjadi 95% atau 19 siswa memperoleh nilai >70. Secara keseluruhan peningkatan kedisiplinan siswa siklus I dan siklus II ada peningkatan dengan kriteria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar siswa juga ditunjukkan dengan adanya kenaikan rata-rata. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebelum tindakan sebesar 29, meningkat menjadi 7,8 pada siklus I, dan meningkat menjadi 8,635 pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Okto Wijayanti, S.Pd, M.A.
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Prestasi Belajar, Matematika, Pecahan, Model Pembelajaran Bruner
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jul 2017 03:23
Last Modified: 07 Jul 2017 03:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item