MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN 1 KEDIRI KARANGLEWAS

NALARATI,, SUCI (2016) MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN 1 KEDIRI KARANGLEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran wajib yang ada di sekolah dasar, karena pada mata pelajaran PKn inilah karakter siswa akan di tuntun ke arah yang lebih baik. Pembelajaran PKn yang baik adalah pembelajaran yang bisa menjadikan siswa mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya, dan mampu berpartisipasi dalam segala bidang kegiatan secara aktif dan bertanggung jawab sehingga bisa bertindak secara cerdas dalam semua kegiatan. Oleh karena itu,seoaran guru dalam pembelajaran harus membantu siswa agar mampu bertasispasi dalam kegiatan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model kooperatif tipe co-op co-op. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Kediri yang berjumlah 14 siswa. Yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data kemampuan sikap percaya diri siswa diperoleh dari angket yang diberikan pada setiap akhir siklus dan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada setiap siklus. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh nilai rata-rata angket sikap percaya dirisiswa pada siklus I sebesar 2,64 meningkat pada siklus II sebesar 3,36. Prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 81,1 dengan ketuntasan 78%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan 92%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe co-op co-op dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM, M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Sikap Percaya Diri , Prestasi Belajar, Model Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op, Mata Pelajaran PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jul 2017 03:12
Last Modified: 07 Jul 2017 03:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2390

Actions (login required)

View Item View Item