UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI STRATEGI KONSTRUKTIF PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD MUHAMMADIYAH 5 PEKAJANGAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012

AISIYAH, SITI (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI STRATEGI KONSTRUKTIF PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD MUHAMMADIYAH 5 PEKAJANGAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI AISIYAH COVER.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI AISIYAH BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI AISIYAH BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
SITI AISIYAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
SITI AISIYAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
SITI AISIYAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img]
Preview
Text
SITI AISIYAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
SITI AISIYAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Strategi Konstruktif ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 5 Pekajangan Pekalongan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 5 Pekajangan sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan menulis karangan dan ketuntasan belajar. Hal ini terbukti adanya peningkatan 7 dari 20 siswa atau 35% tidak tuntas, Meningkat menjadi 15 dari 20 siswa atau 75% ,dari KKM yang telah ditentukan yaitu 6,5 dari siklus I dengan nilai rata-rata prestasi 72,40 dan ketuntasan belajar mencapai 75 %, di siklus II meningkat dengan nilai rata-rata prestasi 77,25 dan ketuntasan belajar mencapai 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi konetruktif dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Hum. dan Drs. Karma Iswata Eka, M.Si
Uncontrolled Keywords: Menulis karangan, strategi konstruktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 07 Jul 2017 02:43
Last Modified: 07 Jul 2017 02:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item