UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WANAYASA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

RUKMAWATI, GUSRIANA TRI (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WANAYASA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
BAB III_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB IV_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB V_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_GUSRIANA TRI R._SEJARAH'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar siswa dan prestasi belajar dalam mata pelajaran IPS khususnya sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model kooperatif tipe group investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan pada tiap siklus terdapat 2 pertemuan. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Wanayasa yang berjumlah 24 siswa dan terdiri dari 12 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini merujuk pada model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, untuk memeperoleh data motivasi belajar diperoleh dari angket motivasi belajar siswa sedangkan untuk memperoleh prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata- rata 63,78 dengan kriteria motivasi tinggi dan pada siklus II naik menjadi 75,91 dengan kriteria sangat tinggi. Prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I dari 24 siswa yang tuntas belajar adalah 18 dan siswa yang tidak tuntas adalah 6 siswa, nilai rata- rata siklus I adalah 71,04 dengan ketuntasan belajar secara klasikalnya mencapai 75%. Sedangkan pada siklus II dari 24 siswa, yang tuntas belajar adalah 21 siswa dan yang tidak tuntas adalah 3 siswa, nilai rata- rata siklus II adalah 74,16 dengan ketuntasan belajar secara klasikalnya mencapai 87,05%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asep Daud Kosasih, M. Ag., dan Dr. Tanto Sukardi, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, IPS, Model Group Investigation (GI)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Jul 2017 02:36
Last Modified: 07 Jul 2017 02:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item View Item