PENGEMBANGAN MEDIA MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SEKOLAH DASAR

AGUSTINA,, SEVI DWI (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan pengembangan media pembelajaran menjadi hal penting dalam menciptakan kualitas belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian untuk : 1) mengetahui penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar sebelum dilakukan pengembangan dalam pembelajaran, 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis flash , 3) mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran berbasis flash , 4) mengetahui penilaian guru terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis flash, 5) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis flash, 6) mengetahui pengaruh pengembangan media matematika bangun datar berbasis flash menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe TPS di kelas V Sekolah Dasar. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalen control group design dengan melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini di lakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedondong. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu: teknik tes dan non tes, yaitu pre test, post test, validasi ahli, penilaian guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar dalam pembelajaran terdapat kelemahan, 2) pengembangan media matematika bangun datar berbasis flash menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe think pair share di kelas V Sekolah Dasar merupakan salah satu alternatif memecahkan masalah. 3) kevalidan dari ketiga ahli terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis flash memperoleh skor sebesar 4,3 artinya sangat valid. 4) penilaian guru terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis flash memperoleh skor 4,7 artinya sangat valid. 5) respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis flash memperoleh skor 4,8 artinya sangat setuju. 6) tentang pengembangan media matematika bangun datar berbasis flash menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe think pair share di kelas V Sekolah Dasar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Yudha Febrianta, M.Or.,
Uncontrolled Keywords: matematika, materi bangun datar, media pembelajaran, media berbasis flash.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jul 2017 01:58
Last Modified: 07 Jul 2017 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item